Breaking News
Home » BERITA » Takmir Gelar Shalat Gerhana Bulan, Warga Termotivasi

Takmir Gelar Shalat Gerhana Bulan, Warga Termotivasi

Masjid Al Karomah Jember — Gerhana Bulan sebagian terjadi pada tanggal 7-8 Agustus 2017, dapat diamati di Indonesia, seperti yang dilansir oleh BMKG melalaui situs resminya (bmkg.go.id). Waktu kejadian gerhana bulan sebagain terbagi menjadi beberapa fase, mulai dari fase gerhana mulai hingga gerhana berakhir. dengan rentang waktu antara 22:48 – 03:52 WIB.

Hal tersebut rupanya dimanfaatkan oleh takmir masjid al karomah Jember dan warga sekitar, guna menambah pahala, berdzikir dan menyaksikan kebesaran/kekuasaan Allah. yakni dengan menunaikan sholat gerhana bulan.

Sejak informasi akan terjadinya gerhana bulan, takmir telah berdiskusi dan diputuskan untuk diselenggarkan sholat gerhana bulan. dan akhirnya pengumuman disampaikan ke warga, mulai dari ba’da sholat ashar (7/8), hingga ba’da sholat isya’.  dimana pada tanggal 7/8/2017 akan diselenggarkaan sholat gerhana bulan, pada pukul 23:30 WIB. Sejumlah warga atau jamaah yang mendengar pengumuman tersebut rupanya merasa antusias dan akan memanfaatkan moment tersebut.

Dalam Pelaksanaannya sejumlah warga mulai terlihat bahkan sebelum Pukul 23:30 WIB di Masjid Al Karomah jember. terdapat puluhan jamaah pria dan wanita. mereka mengawali dengan sholat sunnah tahiyyatul Masjid 2 rokaat dan dilanjutkan berdzikir sambil menunggu dilaksanakan sholat Gerhana Bulan secara berjamaah.

Berdasrkan pantau sejumlah takmir masjid Al karomah, tepat pukul 23:30 WIB, secara kasat mata, gerhana bulan sebagain belum muncul, sehingga disampaikan bahwa sholat jamaah gerhana bulan ditunda untuk beberapa saat. wargapun melanjutkan untuk terus berdzikir dan sebagian ada yang sambil mantau proses terjadinya gerhana bulan.

Hingga pukul 00:00 WIB, belum begitu nampak signifikan proses terjadinya gerhana bulan. Namun rupanya hal tersebut tidak menurunkan motivasi warga/jamaah untuk tetap menunggu proses terjadinya gerhana bulan dan sholat gerhana bulan berjamaah.

Dan barulah sekitar pukul 00:15-00:30 telah terlihat secara signifikan proses terjadinya gerhana bulan sebagian. yang dipantau langsung di halaman Masjid Al Karomah oleh sejumlah takmir dan jamaah. Sehingga diputuskan pada pukul 00:30 WIB, untuk diumumkan dan diingatkan melalui pengeras suara masjid, untuk warga atau jamaah yang masih dirumah akan ditunggu untuk melaksanakan sholat gerhana bulan secara berjamaah pada pukul 00:45 WIB.

Setelah diumumkan, terlihat sejumlah warga/jamaah mendatangi Masjid Al Karomah, tentu ini menambah jumlah jamaah sholat gerhana bulan. Kemudian tepat pukul 00:45 WIB diselenggarakan sholat gerhana bulan secara berjamaah. [*]

Check Also

Kajian Ahad Malam, 7 Golongan Yang Mendapat Naungan Allah

Masjid Al Karomah Jember – Usai libur beberapa pekan, kajian rutin ahad malam tentang Hadits …

Selamat Hari Raya Idul Firti 1440 H

Selamat Hari Raya Idul Firti 1440 H تقبل الله منا ومنكم بارك الله فيكم

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *