Breaking News
Home » BERITA » Bertani Berjamaah, Sebagai Sarana Dakwah Santri GaulMan

Bertani Berjamaah, Sebagai Sarana Dakwah Santri GaulMan

Masjid Al Karomah Jember — Santri GaulMan (Gairah Usia Lanjut dan Manhaji) Masjid Al Karomah Jember berencana menjalankan kegiatan bertani secara berjamaah. Hal itu disepakati pada Ahad malam (8/4/2018) saat diselenggarakannya Silaturahmi bulanan santri Masjid Al Karomah di kediaman Bapak Teguh.

GaulMan (Gairah Usia Lanjut dan Manhaji) adalah sebuah istilah penyebutan untuk para santi (Bapak-Bapak Usia Lanjut) yang sedang belajar membaca Al Quran beserta Tajwidnya serta Nahwu Shorof dengan metode Manhaji. Bapak Bapak yang belajar tersebut mayoritas telah berusia lanjut dan mayoritas sudah diusia senja yang merupakan warga sekitar masjid AL Karomah Jember.

Acara silaturahmi yang telah rutin diselenggarkan tiap bulan ini dimulai dari pembukaan oleh Bapak Azis Mansyur selaku ketua ta’mir kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh tuan rumah.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pengarahan sekaligus pembinaan oleh ustadz GaulMan, Bapak H. Kuncoro. Dalam kesempatan kali ini Bapak Kuncoro menyampaikan bahwa kondisi saat ini dimana para santri GaulMan sangat membantu Takmir masjid Al Karomah dalam hal memakmurkan masjid.

“Dimana Santri GaulMan yang sebelumnya telah selain aktif secara lama dalam sholat 5 waktu, mereka juga dapat memberdayakan diri masing masing dan semakin membaik”, tuturnya.

Selain itu juga disampaikan sebuah ide, yang dimana ide atau gagasan tersebut yang telah sebelumnya telah dibicarakan sebelumnya bersama sebagain kecil dari santri lainnya.

“Guna mempererat Persaudaraan, kekeluargaan dengan kegiatan berolahraga bersama, dakwah bersama, ngaji bersama, serta pemberdayaan para santri dan jamaah maka bagaiman jika dibuat sebuah unit bisnis berbentuk pertanian”, ungkap Bapak H. Kuncoro.

Dijelaskannya dimana hal ini sebagai sarana dakwah bersama yang akan dikelola santri Manhaji dengan cara menyewa lahan pertanian dekat lingkungan yang akan di tanami pohon kates California.

Dalam kesempatan kali ini juga disampaikan pula perhitungan bisnisnya, mulai dari biaya sewa, operasional, hingga potensi dan prospek pendapatannya. Serta telah disepakati secara bersama dalam hal pendapatan, rencananya 10% akan disisihkan untuk Kas masjid, dakwah, keperluan kegiatan-kegiatan dan sisanya untuk tambahan kesejahteraan santri.

Kepengurusan juga langsung dibentuk guna mensukseskan kegiatan ini. “Semoga dengan dibentuknya kepengurusan, kegiatan ini dapat berjalan dengan maksimal”, pungkasnya. [*]

Check Also

Kajian Ahad Malam, 7 Golongan Yang Mendapat Naungan Allah

Masjid Al Karomah Jember – Usai libur beberapa pekan, kajian rutin ahad malam tentang Hadits …

Selamat Hari Raya Idul Firti 1440 H

Selamat Hari Raya Idul Firti 1440 H تقبل الله منا ومنكم بارك الله فيكم

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *