Breaking News
Home » BERITA » Alhamdulillah, Santri GAULMAN sudah Khatam 1 Kitab

Alhamdulillah, Santri GAULMAN sudah Khatam 1 Kitab

 

Masjid Al Karomh Jember – Santri GAULMAN (Gairah Usia Lanjut Manhaji) Masjid Al Karomah Jember telah mengkhatamkan buku Nahwu shorof untuk tingkat pemula.

Hal itu disampaikan oleh Bapak H. Kuncoro selaku pengasuh santri GAULMAN Masjid Al Karomah saat Silaturahmi bulanan Santri Masjid Al KAromah di Rumah Bapak Surono, Sabtu malam (24/02/2018).

“Alhamdulillah, Santri Manhaji masjid Al Karomah telah khatam 1 buku untuk tingkat pemula, selanjutnya akan belajar di buku tingkat berikutnya”, Ucap Bapak Kuncoro.

GAULMAN adalah sebuah istilah penyebutan untuk para santi (Bapak-Bapak Usia Lanjut) yang sedang belajar membaca Al Quran beserta Tajwidnya serta Nahwu Shorof dengan metode Manhaji. Bapak Bapak yang belajar tersebut mayoritas telah berusia lanjut dan mayoritas sudah diusia senja yang merupakan warga sekitar masjid AL Karomah Jember.

“Setiap satu bulan sekali, guna mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan antara santri satu dengan yang lain dan memotivasi antara santri satu dengan yang lain, maka diselenggarakan Silaturahmi Santri di rumah masing masing santri”, terang Bapak Kuncoro.

Untuk diketahui kegiatan ini telah berlangsung lebih kurang setahun belakang dan pelaksanaan Ngaji AL Qur’an beserta Tajwid dan Nahwu Shorof Metode Manhaji di Masjid Al Karomah, namun untuk pelaksanaan Slaturahmi di rumah salah satu santri bergiliran.

Pantauan di Lokasi pelaksanaan silaturahmi, seluruh santri nampak bersemangat walaupun sudah usia senja, “Mari bapak bapak kita lafaldzkan bersama sama, Hafalan Manhaji dan Ngaji Gaul”, Seru Bapak Kuncoro. Seluruh peserta nampak melafaldzkan dengan penuh semangat antusias.

Bapak H. Giman S. selaku sesepuh dan pembina MAsjid AL Karomah turut apresiatif atas perkembangan dan kondisi Masjid AL Karomah saat ini.

“saya turut berbangga dan apresiatif dengan yang ada saat ini, artinya keberdaan jamaah di Masjid Al KAromah ini telah terproses dengan baik, bagaimana dulu saya sendiri yang buka masjid, mengadzani, pujian, mengimami sholat dan menutuo masjid sendiri,, anmun saat ini kondisi tersebut sudah ada penangung jawabnya masing masing, muali dari imam bergantian, yang adzan, dan lain lainnya” cerita Mbah Giman (Sapaan Bapak H. Giman).

Ungkpan syukur juga disampaikan oleh Ketua ta’amir Bapak Azis Mansyur, “Alhamdulillah santri masjid al kaormah telah banyak kemajuan, semoga masjid Al Karomah semakin makmur”. [*]

Check Also

Kajian Ahad Malam, 7 Golongan Yang Mendapat Naungan Allah

Masjid Al Karomah Jember – Usai libur beberapa pekan, kajian rutin ahad malam tentang Hadits …

Selamat Hari Raya Idul Firti 1440 H

Selamat Hari Raya Idul Firti 1440 H تقبل الله منا ومنكم بارك الله فيكم

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *