Breaking News
Home » BERITA » 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan, Takmir Masjid Gelar I’tikaf

10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan, Takmir Masjid Gelar I’tikaf

Bapak Aziz - Ketua Ta'Mir Masjid Al - Karomah Jember
Bapak Aziz Mansur – Ketua Ta’Mir Masjid Al – Karomah Jember

Masjid Al-Karomah Jember — Bertempat di Masjid Al-Karomah Jember, Ketua Ta’mir Masjid Al Karomah, Bapak Aziz Mansur ditemui oleh Seksi Publikasi Ta’mir Masjid, sekira pukul 16:45 (25/06/2016), menyatakan akan menggelar i’tikaf secara bersama-sama seprti tahun sebelumnya, bagi warga muslim yang bermaksud untuk melengkapi ibadahnya di Bulan Ramadhan 1437 H ini dan menjemput Lailatul Qodar, khususnya untuk warga masyarakat sekitar masjid Al Karomah, Lingkungan Kramat, Kelurahan Kranjingan, Sumbersari – Jember.

Sementara itu dikutip dari Wikipedia.org, bahwa I’tikaf (Itikaf, iktikaf, iqtikaf, i’tiqaf, itiqaf), berasal dari bahasa Arab akafa yang berarti menetap, mengurung diri atau terhalangi. Pengertiannya dalam konteks ibadah dalam Islam adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah (introspeksi) atas perbuatan-perbuatannya. Orang yang sedang beriktikaf disebut juga mutakif.

“Kegiatan nanti malam (dini hari) I’tikaf akan diselenggarakan mulai malam 21 malam ganjil, sesuai dengan yang dicontohkan Rosullah SAW, setiap malam ganjil kita itu meningkatkan ibadah kita menjemput lailatul qodar, Lailatul Qodar sendiri menurut hadits Rosulullah yang InsyaAllah turunnya di malam malam ganjil, 21, 23, 25, 27 dan 29”. Ujar Pak Aziz.

Selain itu Ketua Ta’mir Masjid tersebut juga menambahkan bahwa, “Di Masjid Al-Karomah sendiri setiap tahun, bahkan di tahun-tahun sebelumnya juga telah diselenggarkaan kegiatan yang sama, di10 hari terakhir banyak bapak-bapak dan ibu warga masyarakat jamaah Masjid Al-karomah banyak yang mengikutinya”.

“Kegiatan tidak hanya diselenggarakan di Malam-malam Ganjil, tetapi penuh, di 10 malam hari terakhir bulan Ramadhan, Namun memang banyak sejumlah Jamaah yang hadir di hanya malam ganjil, ada yang datang jam 1 ada yang datang jam 2 dan hingga sampai jam 3, kemudian pulang sahur dan kembali lagi sholat Subuh berjamaah”. Pungkas Ketua Ta’mir Masjid.

Ta’mir Masjid sendiri menghimbau dan mengajak kepada warga masyarakat Lingkungan Kramat sekitar masjid Al Kromah Jember untuk tidak melewatkan malam Lailatul Qodar, salah satunya dengan beri’tikaf di 10 malam terakhir bulan Ramadhan, yang fadillahnya sama dengan beribadah 1000 bulan dan berlipat – lipat. (Ahmad)

Check Also

Kajian Ahad Malam, 7 Golongan Yang Mendapat Naungan Allah

Masjid Al Karomah Jember – Usai libur beberapa pekan, kajian rutin ahad malam tentang Hadits …

Selamat Hari Raya Idul Firti 1440 H

Selamat Hari Raya Idul Firti 1440 H تقبل الله منا ومنكم بارك الله فيكم

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *